• Home
  • Berita
  • Kegiatan PKM yang berjudul Sosialisasi dan Pengembangan Tanaman Sacha Inchi Sebagai Pakan Ternak

Kegiatan PKM yang berjudul Sosialisasi dan Pengembangan Tanaman Sacha Inchi Sebagai Pakan Ternak

 ACEH UTARA – HorizontalNews.com  | Sabtu (29/10/22) Dosen Agroekoteknologi Fakultas Pertanian (FP) Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi dan pengembangan tanaman Sacha Inchi sebagai bahan pakan ternak.

Sosialisasi Tanaman Sacha Inchi sebagaoi pakan ternak

 

Pelaksanaan kegiatan kepada masyarakat ini merupakan program yang harus dijalankan setiap dosen sebagai bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di Dayah Al Huda Malikussaleh Gampong Reuleut Timu Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, yang bersisian dengan kampus kebanggaan masyarakat Aceh Utara di Reuleut.

Ketua Tim pelaksanaan Pengabdian Dr.Ir.Yusra, M.P. di dampingan Dr.Nasruddin, S.P, M,Si, Hafni Zahara, S.P., M. Si dan Emmia Tambarta Kembaren, S.P., M.Si menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi petani ternak terutama dilingkungan sekitar kampus unimal disebabkan banyak lahan yang kosong dan juga lingkungan yang sangat mendukung.

Dr Yusra juga menjelaskan bukan hanya tentang tanaman Sacha Inchi saja yang di kembangkan sebagai tanaman yang mudah tumbuh, menyuburkan tanaman dan bermanfaat bagi kesehatan, tetapi tentang tata cara pembuatan pakan ternak yang salah satu bahannya tanaman Sacha Inchi.

Tanaman Sacha Inchi ini memiliki protein yang sangat tinggi dan sangat baik diberikan sebagai pakan ternak. Untuk pakan ternak, tanaman ini bisa dimanfaatkan dari daun, batang, ranting, bahkan kulit dari bijinya dapat dijadikan sebagai tepung atau olahan langsung untuk pakan ternak, kata Bapak Anwar Yusuf yang bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan ini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan pembiayaan dari dari sumber dana penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Universitas Malikussaleh tahun anggaran 2022″ ungkap Bu Yusra.

Selanjutnya Dr Nasruddin menambahkan bukan saja tentang cara mengembang tanaman Sacha Inchi untuk pakan ternak saja, malah ” saya juga bersedia meminjamkan lahan seluas seribu meter persegi kepada santri agar digunakan untuk mengembangkan tanaman Sacha Inchi” kata pak nas.

Sementara itu, Tgk Bukhari yang merupakan teungku dayah di dayah tersebut dan juga berusaha dalam ternak kambing dan domba sangat mengapresiasikan kegiatan ini.” Ini merupakan kegiatan yang sangat bagus bagi kami dalam menambah pengetahuaan untuj penyediaan pakan ternak, kami biasanya memberikan makan ternak kami dari bahan hijauan saja, namun dengan kegiatan pembuatan pakan dari Sacha Inchi ini ternyata mendapatkan nilai protein yang cukup besar, ini harapan besar bagi kami untuk penanggulangan pakan ternak, terima kasih tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Pertanian Unimal yang selalu memberi pengetahuan kepada kami” ujar Tgk Bukhari yang sering disapa Abi oleh murid-murid di Dayah Al Huda Malikussaleh

Laporan : Azhari

logo

Gedung Pascasarjana
Universitas Malikussaleh
Jln. Tgk. Chik Ditiro No. 26
Lancang Garam,
PO. BOX 141 Lhokseumawe
Aceh Utara
Aceh

+ (62) 645.41373

+ (62) 645.44450

pmaet@unimal.ac.id

Copyright © Program Studi Magister Agroekoteknologi