Kebun Percobaan

Kebun Percobaan

Profil Kebun Percobaan

1

Nama Kepala Kebun Percobaan

Muhammad Yususf N. S.P. M.P

Muhammad Yusuf N, S.P., M.P

2

Nama Teknisi Kebun Percobaan

 Zulfikar S.P 

Zulfikar S.P

3

Deskripsi Kebun Percobaan

 

Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (KP FP-UNIMAL), memiliki luas ± 5,5 ha, berlokasi di jalan Cot Tgk Nie gedung dekanat kampus utama Universitas Malikussaleh, Reuluet Aceh Utara. Kebun percobaan ini merupakan salah satu sarana yang dikelola oleh Fakultas Pertanian yang berfungsi melaksanakan dan/atau mengkordinasikan pelayanan berbagai kegiatan ilmiah dalam menunjang kegiatan akademik baik praktikum, penelitian mahasiswa dan dosen, pengabdian masyarakat, pengkajian maupun pengembangan pertanian yang merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

4

Visi

 

Menjadi kebun percobaan sebagai pusat pendidikan, penelitian, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul, modern dan produktif sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan di bidang pertanian dan teknologi budidaya tanaman.

 
5

Misi

  1. Melaksanakan pelayanan proses pembelajaran yang mendukung perkembangan teknologi budidaya tanaman untuk mencetak sarjana pertanian yang tangguh, mandiri dan berwawasan global.

  2. Mengembangkan penelitian, palatihan dan pengabdian masyarakat untuk mendukung dan menumbuhkan ketekunan dan inovasi baru dalam aplikasi teknologi budidaya tanaman serta menciptakan kesadaran teoritis dan reflektif dalam penguasaan bidang ilmu pertanian.

  3. Menjalin kerja sama dengan pemerintah, swasta, kelompok masyarakat dan perguruan tinggi dalam bidang pengembangan komoditi pertanian.

 
6

Kegiatan Kebun Percobaan :

1.      Praktikum mahasiswa

2.      Penelitian mahasiswa dan dosen

3.      Pelatihan

7

Fasilitas Kebun Percobaan :

1.      Gedung kantor yang terintegrasi dengan ruang diskusi, ruang penyimpanan bahan dan alat pertanian

2.      Traktor roda 4

3.      Oven pengering

4.      Mesin potong rumput, parang, cangkul dan garu

5.      Sprayer/hand sprayer

6.      Timbangan/timbangan analitik

7.      Sumur bor, gembor, selang dan bak penampung air sebagai sumber air

8.      Rumah kasa yang dilengkapi dengan alat penyiraman (Sprinkel)

9.      Green house sistem konvensional dan smart (sedang dalam kontruksi)

Laboratorium Manajemen dan Statistik

Profil Laboratorium Manajemen dan Statistik

1

Nama Kepala Lab

R I A N I, S.P., M.Si

2

Nama Teknisi Lab

Sri Melinda S.P

Mandasari, S.P.

3

Deskripsi Lab Manajemen dan Statistik

Laboratorium Manajemen dan Statistik terletak di Gedung Fakulatas Pertanian Kampus Utama Reuleuet Kecamatan Muara batu Kabupaten Aceh Utara. Laboratorium Manajemen dan Statistik ini memiliki fungsi utama sebagai unit pendukung kegiatan pendidikan di Fakultas Pertanian melalui penyelenggaraan Praktikum Manajemen, Statistik dan Ekonometrika dengan cara membekali mahasiswa berbagai software computer. Selain itu, untuk meningkatkan peran dan fungsinya laboratorium memberikan pelayanan pelatihan dan penelitian. Beberapa kegiatan telah menjadi agenda rutin antara lain : Pelatihan SPSS, Pelatihan SAS, dan Pelatihan GIS, serta pelayanan ujian komputer untuk syarat ujian sidang sarjana.

4

Visi

Menjadikan Laboratorium pusat pendidikan, penelitian, penerapan pengembangan statistik yang unggul secara teori dan terapan.
5

Misi

  1. Melasanakan pelayanan kegiatan praktikum mata kuliah bidang statistik, ekonometrika, riset operasi yang didukung oleh sumberdaya yang memadai.
  2. Melaksanakan pengembangan dan layanan laboratorium yang prima kegiatan penelitian bagi mahasiswa dan dosen riset statistika.
  3. Melaksanakan layanan Laboratorium yang prima kepada mahasiswa, masyarakat dan lembaga penelitian lainya dalam kegiatan penelitian, validasi dan pengolahan data, pelatihan software.
  4. Berkontribusi dalam menghasilkan lulusan sarjana pertanian yang profesional,unggul, berbudi pekerti, dan menerapkan IPTEK di bidang pertanian.
6

Kegiatan Laboratorium:

  1. Pendidikan (praktikum)
  2. Penelitian
  3. Pelatihan
7

Fasilitas Laboratorium

  1. Komputer 33 unit
  2. Integrated LAN
  3. WiFi
  4. Software Application Practices
8

Foto Laboratorium

Laboratorium Ilmu Tanah

Profil Laboratorium Ilmu Tanah

1

Nama Kepala Lab

Dr. Ir. Muliana. MP

2

Nama Teknisi Lab

Ikhwanul Halim S.P 

Ikhwanul Halim, S.P

3

Deskripsi Lab Ilmu Tanah

Laboratorium Ilmu Tanah teritegrasi di Gedung Laboratorium Fakultas Pertanian (Faperta) Kampus Utama Universitas Malikussaleh (Unimal) Reuleut Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Laboratorium Ilmu Tanah ini memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta teknisi yang mumpuni untuk mendukung kegitan praktikum, penelitian, dan pengujian berbagai sampel tanah, tanaman, pupuk (pupuk organik maupun pupuk organik) maupun sampel lainnya baik yang bearsal dari pegguna kalangan Unimal maupun pengguna dari luar Unimal. Aktivitas di Laboratorium Ilmu Tanah Faperta Unimal meliputi praktikum lapangan yang merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dengan analisis laboratorium. Berbagai mata kuliah dilakukan praktikum di laboratorium ini, seperti dasar-dasar ilmu tanah, kesuburan tanah dan pemupukan, teknologi pupuk, fisika kimia tanah, klasifikasi tanah, pengelolaan sumberdaya lahan, tataguna lahan, survei dan evaluasi lahan, pengelolaan daerah aliran sungai dan lain-lain.

Disamping praktikum, Laboratorium Ilmu Tanah juga menjadi sarana untuk pelaksanaan penelitian baik penelitian mahasiswa, dosen maupun penelitian atau pengujian lainnya. Penelitian/pengujian yang dapat dilakukan di laboratorium ini meliputi: sampel tanah, tanaman, pupuk, air, limbah dan lain-lain. Selain praktikun, penelitian dan pengujian sampel, Laboratorium Ilmu Tanah juga dimanfaatkan untuk pembinaan mahasiswa dari Perguruan Tinggi lain melalui Program Pemagangan. Pada Semester Ganjil 2022/2023, Laboratorium Ilmu Tanah Faperta Unimal menerima mahasiwa magang dari Universitas Kebangsaan Indonesi (Uniki) sebanyak enam (6) orang.

4

Visi

Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh pada tahun 2025 menjadi laboratorium pendidikan dan penelitian tanah-tanah tropika dan menjadi pusat penelitian tanh-tanah marjinal yang ada di Aceh
5

Misi

1.   Meningkatkan kualitas pendidikan dalam analisis tanah dan lain-lain bagi mahasiwa

2. Melakukan penelitian dan pengembangan tanah-tanah tropika

3. Melakukan penelitian dan pengembangan tanah-tanah marjinal Aceh

4. Memberikan pelayanan/pelatihan analisis tanah kepada masyarakat

5. Memberikan pelayanan analisis tanah-tanah tropika

6. Menjalin kerjasama dengan pemerintah dan swasta, serta lembaga pendidikan perguruan tinggi dalam penelitian dan pemanfaattan tanah marginal Aceh

6

Analisis/penelitian yang dapat dilakukan:

 

Berbagai penelitian yang dapat dilakukan di Laboratoroum ilmu tanah adalah sampel tanah, tanaman, pupuk air, limbah dan lain sebagainya. Para meter analisis antara lain melipti: kadar air, pH (pH H2O, pH KCl, pH F), karbon-organik, bahan organik, nitrogen (N-total, NO3-, NH4+) fosfor (P-total, P-potensial, P-tersedia, P-retensi), aluminium, hidrogen, tekstur tanah, berat volume tanah (bulk density) permeabilitas, warna tanah dan lai-lain.

7

Alat-alat Laboratorium

 

1. Spectrofotometer

2. Unit Kjeddal

3. pH meter digital

4. pH tancap

5. Hot plate

6. Oven

7. Buku Munsell soil color Chart

8. Timbangan analitik

9. Shaker

10. Bor tanah

10. Desikator

11. Perangkat destilasi

8

Dokumentasi Kegiatan Penelitian dan Praktikum

 

Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman

Profil Laboratorium Hama Dan Penyakit Tanaman (HPT)

1

Nama Kepala Lab

Muaz Munauwar S.P. M.P 

Muhammad Muaz Munauwar, S.P., M.P.

2

Nama Teknisi Lab

Ikhwanul Halim S.P

Ikhwanul Halim, S.P.

3

Deskripsi Lab Hama Dan Penyakit Tanaman (HPT)

Laboratorium Hama Penyakit Tanaman (HPT) terletak di Gedung Laboratorium Fakultas Pertanian Kampus Utama Universitas Malikussaleh, Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Laboratorium ini telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai dengan peneliti serta teknisi yang berpengalaman. Kegiatan yang dilakukan pada Lab HPT meliputi kegiatan praktikum, Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa, penelitian, kegiatan rutin, pelayanan mahasiswa, serta pelatihan/kunjungan. Adapun penelitian yang sedang dilakukan di laboratorium ini adalah penelitian mengenai aktivitas insektisidal beberapa gulma seperti babadotan (Ageratum conyzoides), kirinyuh (Chromolaena odorata) dan saliara (Lantana camara) untuk mengendalikan hama pascapanen/hama gudang seperti hama kumbang beras (Sitophilus oryzae) dan hama kumbang tepung merah (Tribolium castaneum).

4

Visi

 Menjadikan laboratorium hama dan penyakit tanaman sebagai pusat pendidikan, penelitian dan penerapan ilmu pengendalian organisme pengganggu tanaman yang produktif dan berwawasan global.

5

Misi

 

  1. Melakukan berbagai penelitian dibidang hama, penyakit dan gulma tanaman
  2. Mengoleksi berbagai musuh alami yang memiliki potensi untuk mengendalikan organisme pengganggu tanaman
  3. Memberikan pelatihan pengendalian organisme pengganggu tanaman kepada kelompok masyarakat, swasta dan pemerintah
  4. Melakukan pengembangan bisnis pengendalian organisme pengganggu tanaman dengan menyediakan berbagai bahan dan konsep pengendalian organisme pengganggu tanaman
  5. Melakukan kerjasama dengan pemerintah, swasta, kelompok masyarakat dan perguruan tinggi dalam penelitian berbagai organisme pengganggu tanaman
6

Analisis/penelitian yang dapat dilakukan:

  1. Penelitian Hama Tanaman (Pengendalian Hama Tanaman)
  2. Penelitian Penyakit Tanaman (Pengendalian Penyakit Tanaman)
  3. Penelitian gulma (Pengendalian gulma)
  4. Eksplorasi dan Pengembangan Isolat Patogen (Cendawan, Bakteri dan Nematoda) untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
  5. Identifikasi dan Eksplorasi Hama dan Penyakit Tanaman, dan gulma tanaman
  6. Identifikasi, Eksplorasi dan Pengembangan Musuh Alami (Parasitoid, Cendawan Antagonis, Predator)
7

Alat-alat Laboratorium

1.

Neraca Analitik

 

 

2.

Laminar Air Flow Cabinet

 

 

3.

Mikroskop

 

 

4.

Autoclave

 

 

5.

Oven

 

 

6.

Tabung Reaksi

 

 
8

Dokumentasi Kegiatan Penelitian dan Praktikum

Laboratorium Ilmu-Ilmu Dasar Pertanian

Profil Laboratorium Ilmu-ilmu Dasar Pertanian

1

Nama Kepala Lab

Khaidir, S.Si.,M.Si

2

Nama Teknisi Lab

Fauziah, S.P.

3

Deskripsi Lab Ilmu-ilmu Dasar Pertanian

Laboratorium ilmu-ilmu dasar pertanian teritegrasi di Gedung Laboratorium Fakultas Pertanian (Faperta) Kampus Utama Universitas Malikussaleh (Unimal) Reuleut Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Laboratorium Ilmu-ilmu dasar pertanian ini memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta teknisi yang mumpuni untuk mendukung kegitan praktikum dan melakukan beberapa analisis proximate, analisis biokimia tanaman maupun sampel lainnya baik yang bearsal dari pegguna kalangan Unimal maupun pengguna dari luar Unimal. Aktivitas di Laboratorium Ilmu-ilmu dasar Faperta Unimal meliputi praktikum lapangan yang merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dengan analisis laboratorium. Berbagai mata kuliah dilakukan praktikum di laboratorium ini seperti Kimia pertanian, Biologi pertanian, biologi dasar, Biokimia tanaman, Bioenergi dan beberapa praktikum lainnya yang berbasis ilmu dasar pertanian. Selain   praktikum dilaboratorium ilmu-ilmu dasar pertanian juga dilakukan kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa, Penelitian, kegiatan rutin pelayanan mahasiswa untuk melakukan penelitian baik yang dari fakultas pertanian maupun mahasiswa fakultas   lainnya yang masih dalam lingkungan Universitas Malikussaleh serta penelitian yang dilakukan oleh masyarakat.

4

Visi

 Menjadikan laboratorium ilmu-ilmu dasar pertanian sebagai pusat pendidikan, penelitian dan penerapan pengembangan ilmu yang berbasis ilmu dasar pertanian dan berwawasan global

5

Misi

1. Membantu Program Studi Agroekoteknologi dalam pembelajaran ilmu –ilmu dasar pertanian dalam rangka menghasilkan lulusan yang terbaik

2. Melaksanakan kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi di Bidang Pertanian.

6

Analisis/penelitian yang dapat dilakukan:

a. Analisis pH tanah

b. Analisis Kadar Air

c. Analisis Kadar Abu

d. Destilasi

e. Biodiesel

7

Alat-alat Laboratorium

a. Oven

b. Furnace

c. Water destilation

d. Timbangan Analitik

e. Mikroskop

8

Dokumentasi Kegiatan Penelitian dan Praktikum

 

logo

Gedung Pascasarjana
Universitas Malikussaleh
Jln. Tgk. Chik Ditiro No. 26
Lancang Garam,
PO. BOX 141 Lhokseumawe
Aceh Utara
Aceh

+ (62) 645.41373

+ (62) 645.44450

pmaet@unimal.ac.id

Copyright © Program Studi Magister Agroekoteknologi