Laboratorium Ilmu Tanah

Profil Laboratorium Ilmu Tanah

1

Nama Kepala Lab

Dr. Ir. Muliana. MP

2

Nama Teknisi Lab

Ikhwanul Halim S.P 

Ikhwanul Halim, S.P

3

Deskripsi Lab Ilmu Tanah

Laboratorium Ilmu Tanah teritegrasi di Gedung Laboratorium Fakultas Pertanian (Faperta) Kampus Utama Universitas Malikussaleh (Unimal) Reuleut Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Laboratorium Ilmu Tanah ini memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta teknisi yang mumpuni untuk mendukung kegitan praktikum, penelitian, dan pengujian berbagai sampel tanah, tanaman, pupuk (pupuk organik maupun pupuk organik) maupun sampel lainnya baik yang bearsal dari pegguna kalangan Unimal maupun pengguna dari luar Unimal. Aktivitas di Laboratorium Ilmu Tanah Faperta Unimal meliputi praktikum lapangan yang merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dengan analisis laboratorium. Berbagai mata kuliah dilakukan praktikum di laboratorium ini, seperti dasar-dasar ilmu tanah, kesuburan tanah dan pemupukan, teknologi pupuk, fisika kimia tanah, klasifikasi tanah, pengelolaan sumberdaya lahan, tataguna lahan, survei dan evaluasi lahan, pengelolaan daerah aliran sungai dan lain-lain.

Disamping praktikum, Laboratorium Ilmu Tanah juga menjadi sarana untuk pelaksanaan penelitian baik penelitian mahasiswa, dosen maupun penelitian atau pengujian lainnya. Penelitian/pengujian yang dapat dilakukan di laboratorium ini meliputi: sampel tanah, tanaman, pupuk, air, limbah dan lain-lain. Selain praktikun, penelitian dan pengujian sampel, Laboratorium Ilmu Tanah juga dimanfaatkan untuk pembinaan mahasiswa dari Perguruan Tinggi lain melalui Program Pemagangan. Pada Semester Ganjil 2022/2023, Laboratorium Ilmu Tanah Faperta Unimal menerima mahasiwa magang dari Universitas Kebangsaan Indonesi (Uniki) sebanyak enam (6) orang.

4

Visi

Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh pada tahun 2025 menjadi laboratorium pendidikan dan penelitian tanah-tanah tropika dan menjadi pusat penelitian tanh-tanah marjinal yang ada di Aceh
5

Misi

1.   Meningkatkan kualitas pendidikan dalam analisis tanah dan lain-lain bagi mahasiwa

2. Melakukan penelitian dan pengembangan tanah-tanah tropika

3. Melakukan penelitian dan pengembangan tanah-tanah marjinal Aceh

4. Memberikan pelayanan/pelatihan analisis tanah kepada masyarakat

5. Memberikan pelayanan analisis tanah-tanah tropika

6. Menjalin kerjasama dengan pemerintah dan swasta, serta lembaga pendidikan perguruan tinggi dalam penelitian dan pemanfaattan tanah marginal Aceh

6

Analisis/penelitian yang dapat dilakukan:

 

Berbagai penelitian yang dapat dilakukan di Laboratoroum ilmu tanah adalah sampel tanah, tanaman, pupuk air, limbah dan lain sebagainya. Para meter analisis antara lain melipti: kadar air, pH (pH H2O, pH KCl, pH F), karbon-organik, bahan organik, nitrogen (N-total, NO3-, NH4+) fosfor (P-total, P-potensial, P-tersedia, P-retensi), aluminium, hidrogen, tekstur tanah, berat volume tanah (bulk density) permeabilitas, warna tanah dan lai-lain.

7

Alat-alat Laboratorium

 

1. Spectrofotometer

2. Unit Kjeddal

3. pH meter digital

4. pH tancap

5. Hot plate

6. Oven

7. Buku Munsell soil color Chart

8. Timbangan analitik

9. Shaker

10. Bor tanah

10. Desikator

11. Perangkat destilasi

8

Dokumentasi Kegiatan Penelitian dan Praktikum

 

logo

Gedung Pascasarjana
Universitas Malikussaleh
Jln. Tgk. Chik Ditiro No. 26
Lancang Garam,
PO. BOX 141 Lhokseumawe
Aceh Utara
Aceh

+ (62) 645.41373

+ (62) 645.44450

pmaet@unimal.ac.id

Copyright © Program Studi Magister Agroekoteknologi