Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman

Profil Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman

1

Nama Kepala Lab

Dr. Ir. Rd. Selvy Handayani, M.Si.

2

Nama Teknisi Lab

Humaira Meirina S.Si 

Humaira Meirina, S.Si.

3

Deskripsi Lab KJT

Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman (KJT) terletak di Gedung Laboratorium Fakultas Pertanian Kampus Utama Unimal Reuleut Kecamatan Muara batu Kabupaten Aceh Utara. Laboratorium ini telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai dengan peneliti serta teknisi yang berpengalaman.Kegiatan yang dilakukan pada Lab Kultur Jaringan Tanaman meliputi kegiatan praktikum, Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa, penelitian, kegiatan rutin, pelayanan mahasiswa, serta pelatihan/kunjungan. Komoditi yang telah dan sedang diteliti pada lab Kultur Jaringan adalah tanaman anggrek Cymbidium mulai perkecambahan biji sampai aklimatisasi, anggrek dendrobium dan phlaenopsis, manggis, jeruk manis, jeruk lemon, kentang Atlantik dan Granola. Lab KJT juga sangat fokus pada perlindungan tanaman lokal Aceh yang mulai sulit ditemukan dan terancam punah. Ada berbagai jenis tanaman lokal yang mulai dan sedang diteliti yaitu jeruk purut manis, pamelo, durian, jeumpa kuning dan merah, jeruk kesturi, dan kentang gayo.

Selain itu, Laboratorium KJT juga menyediakan layanan untuk siswa SMK Pertanian, mahasiswa dan masyarakat pecinta tanaman untuk magang atau sekedar kunjungan. Masyarakat yang telah memanfaatkan potensi lab kultur jaringan tanaman adalah Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pidie jaya, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim dan Komunitas Pecinta Anggrek Lhokseumawe.

4

Visi

Menjadikan laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh di tahun 2025 sebagai laboratorium pendidikan dan pelatihan kultur jaringan tanaman serta menjadi Pusat Penyelamatan dan Konsevasi Tanaman Lokal/Langka Aceh.
 
5

Misi

  1. Melakukan penelitian dan pengembangan sistem kutur jaringan
  2. Mengumpulkan, dan memperbanyak tanaman langka, tanaman obat, tanaman hutan dalam waktu singkat dengan kultur jaringan
  3. Memberikan pelatihan kultur jaringan untuk sekala rumah tangga dengan biaya yang terjangkau
  4. Mengembangkan bisnis kuljar dengan menyediakan bibit tanaman, bahan eksplan, paket laboratorium, alat, bahan dan media siap pakai untuk kutur jaringan.
  5. Menjalin kerjasama dengan pemerintah dan swasta, serta lembaga pendidikan perguruan tinggi dalam penelitian maupun bisnis kultur jaringan f. Memberikan peluang lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya dalam bisinis kultur jaringan.
 
6

Analisis/penelitian yang dapat dilakukan:

Berbagai penelitian yang dapat dilakukan di Laboratoroum KJT adalah penyelamatan embrio dan perbanyakan tanaman, terutama tanaman langka dan sulit diperbanyak secara konvensional. Laboratorium KJT juga menerima analisis data Anova dan uji lanjut, serta analisis kemiripan tanaman/ kelompok tanaman (Coefficient Similarity) berdasarkan marka morfologi dan molekuler menggunakan software yang andal.

7

Alat-alat Laboratorium

1.

Laminar air flow cabinet (LAFC)

   

2.

Oven

   

3.

Timbangan Analitik

   

4.

Autoclave

   

5.

Rak Dalam Ruang Inkubasi

   

6.

pH Meter

   
8

Dokumentasi Kegiatan Penelitian dan Praktikum

logo

Gedung Pascasarjana
Universitas Malikussaleh
Jln. Tgk. Chik Ditiro No. 26
Lancang Garam,
PO. BOX 141 Lhokseumawe
Aceh Utara
Aceh

+ (62) 645.41373

+ (62) 645.44450

pmaet@unimal.ac.id

Copyright © Program Studi Magister Agroekoteknologi